1 Mar 2011

Candi Ijo

14.03 Posted by Yuliaslovic
candi ijo

Sudah lama tak menghirup udara pegunungan ,akhirnya kerinduan akan tanjakan dan jalan berlubangpun terobati juga , terakhir kali saat penaklukan ke gunung nglanggeran patuk gunung kidul.
namun kali ini bukan gunung merapi atau gunung kembar melainkan hanya sebuah bukit yang kaya akan tambang batu alam dan perbukitan kapurnya. candi ijo lah tujuan saya.

Candi Ijo terletak di bukit ijo desa sambirejo ,kecamatan prambanan sleman . bila dari pertigaan prambanan belok kearah selatan hingga nemu papan bertuliskan candi ijo lalu ikuti saja jalan ini, toh jalannya juga cuma satu ini. pokoknya gak usah berhenti klo belum nemu candinya.




candi ijo merupakan candi yang letaknya tertinggi di yogyakarta karena memang letaknya berada di daerah yang lebih tinggi dari candi-candi lainnya. disekitarnya juga ada candi-candi lain seperti candi ratu boko, candi barong , candi banyunibo tapi masih jauh dari candi kalasan.

Candi ijo merupakan candi hindu yang terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi dalam 11 teras. dari kesebelas teras tersebut ,teras teratas merupakan wilayah yang dianggap paling sakral, yang mana terdapat satu candi utama dan tiga candi pengiring.
dari atas komplek candi ijo ini kita dapat melihat perbukitan yang menabrak mata ,hanya saja awan mendung tiba-tiba merusak suasana yang memaksa untuk segera turun gunung ...

candi ijo

candi ijo

candi ijo

candi ijo