24 Sep 2010

Air Terjun Sidoharjo , Kulonprogo

21.59 Posted by Yuliaslovic
air terjun sidoharjo kulon progo

Curug Sidoharjo terletak di desa Sidoharjo kecamatan Samigaluh Kulon progo , kalau dari jogja bisa melewati jalan godean kearah barat terus sampe melewati sungai progo lalu belok kanan sampai ke daerah dekso . haa... setelah dipertigaan dekso belok kiri, ikuti saja jalan ini hingga menemukan sebuah SDN Purwoharjo. nah disitu tanya saja sama orang-orang yang ada disekitar situ ,biasanya orang tersebut juga akan menjelaskan secara detail dimana posisi curug sidoharjo berada sampai-sampai ingatan anda susah untuk mencernanya karena sebenarnya masih jauh dari situ.......

kebetulan saya juga berangkat dari jl.godean yang sudah tampak diselimuti awan mendung , namun tak menyurutkan niat saya untuk tetap melanjutkan misi ini dengan si metic yang digenjot dengan kecepatan rata-rata 80 km/jam sampe air mata beterbangan kemana-mana. tak urung juga sampe dipurwoharjo hujan deras menghentikan langkah saya sekitar 40 menit

dalam perjalanan ini hanya berbekal peta DIY yang berukuran 1 x 0.5 meter sudah cukup sebagai pengganti GPS yang ndak mampu saya beli..


akhirnya si metic saya parkir dirumah warga karena kondisi medan yang tak memungkinkan lagi untuk mengajak si metic jalan-jalan. perjalananpun dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak sejauh ±500 m dari perkampungan warga, dan sedikit demi sedikit terdengar suara gemercik air yang lambat laun semakin keras ditambah iringan kicauan burung yang ndak mungkin lagi terdengar di kota.



Woalah pantes saja susah dicari lawong posisinya ditengah hutan kek gini, sinyalpun menghilang entah kemana..
tinggi curug sekitar 75 meter , memang lebih tinggi bila dibandingkan dengan air terjun Sri gethuk. dan bisa dibilang hampir sama tingginya dengan air terjun kedung kayang.

jujur saja dari tadi saya pusing menjelaskan tentang perjalanan ini, mata anginpun gak paham berhembus dari mana , taunya cuma kanan dan kiri..
ya sudahlah kita sudahi saja pertemuan kali ini dengan membaca do'a mau makan
sampai bertemu di curug berikutnya ........

air terjun sidoharjo kulon progo