5 Nov 2010

Puncak Kalibiru , Puncak yang Tersembunyi

00.11 Posted by Yuliaslovic
kalibiru

Puncak Kalibiru terletak di pegunugan menoreh di kabupaten kulonprogo, berada diketinggian 450 dpl. tepatnya terletak di desa Hargowilis ,kecamatan Kokap , Kulonprogo.
mengapa disebut kalibiru ?? karena sepengetahuan saya (bukannya sok tahu) saat melintasi desa ini ,air yang mengalir dari pegunungan berwarna biru jadi disebutlah kalibiru ...

Jarak dari jogja sekitar 40 km, rute yang mudah ditempuh yaitu dari jalan wates menuju sentolo - kaliagung - sendangsari - pereng lalu yang terakhir kalibiru. yang namanya puncak tentu saja naik gunung dan naik gunung bukanlah hal yang mudah bila berada di daerah terpencil seperti ini karena medan yang dilalui sempit disertai tanjakan-tanjakan maut ( biar terlihat serem ) , tapi untungnya jalan sudah diaspal meski ada beberapa yang masih berbatu.
setelah tanjakan demi tanjakan tersebut ditaklukan maka akan dihadapkan pada pemandangan alam berupa hijaunya hutan dan barisan bukit-bukit di pegunugan menoreh.

setelah motor diparkir , untuk menuju ke puncak kalibiru masih harus berjalan kaki menyusuri tanah lempung yang sedikit licin . disekitar tempat ini juga banyak dibangun cottage-cottage yang terbuat dari bambu untuk penginapan ,selain itu juga ada fasilitas untuk out bond ,bumi perkemahan, trekking dan bangunan untuk makrab.

diatas puncak ini kita bisa melihat pemandangan waduk sermo yang ada dibawahnya serta bukit-bukit yang mengelilinginya ,bila cuaca sedang cerah ombak yang ada dipesisir pantai selatan juga dapat terlihat.

dipegunungan menoreh ini sebenarnya masih banyak puncak-puncak yang masih tersembunyi  apalagi air terjun, salah satunya puncak gunung ijo yang suatu saat nanti juga akan saya taklukan yang terletak di desa hargotirto tapi sepertinya agenda bulan depan adalah ke gunung nglanggeran dulu. jika kalibiru berada di sebelah timur waduk sermo maka gunung ijo berada di sebelah barat waduk sermo.

puncak kalibiru

puncak kalibiru

puncak kalibiru

puncak kalibiru