21 Agu 2014

Iseng Pakai Lensa Manual Optomax 135mm f/2.8

22.25 Posted by Yuliaslovic

Lensa manual bagi sebagian orang memang ada kepuasanya tersendiri, namun ada juga yang kurang berminat karena sekarang jamannya sudah otomatis ngapain pake yang manual. Meskipun sudah banyak ditinggalkan namun, lensa manual masih banyak dicari juga.

Ada banyak merk lensa manual di pasaran ,salahsatunya yang saya punya yaitu Optomax 135mm f/2.8. awalnya saya hanya penasaran saja gimana sih rasanya menggunakan lensa manual? alasan lainya yaitu hanya karena suka dengan bentuknya yang klasik.

Ada beberapa keuntungan menggunakan lensa manual , diantaranya:
  1. Harganya yang murah
  2. Kebanyakan berdiafragma besar dan fix
  3. Bentuk klasik dan body yang kokoh
  4. Bisa dipasangkan dengan body kamera lain, tidak harus satu merk saja 
Akhirnya saya coba googling sendiri dan alhasil malah mumet!, karena ada banyak banget merk lensa manual dengan berbagai ukuran. Apalagi dengan nama-nama merk yang masih asing terdengar di telinga.

Karena saya orangnya tak sabaran, yah saya pilih lensa ini saja dengan panjang focal 135mm berhubung saya juga tidak punya lensa tele. lensa ini saya dapatkan dari situs jualbeli online dan sepertinya ini lensa yang kurang terkenal karena susah sekali mencari review tentang jenis ini.

Situs yang sering saya kunjungi untuk sekedar mengecek atau melihat harga-harga lensa manual adalah www.bukalapak.com karena di situ sistem pengkategoriannya yang mudah bagi pengguna menurut saya. begitu kita pilih Lensa maka langsung muncullah merk / Brand lensa yang tampil seperti Canon, Nikon, Minolta, Pentax, dll.
selain itu juga muncul pilihan typenya seperti Standard, tele, Fisheye, Macro dan Wide.

Pertama kali saya coba lensa manual memang agak susah juga mencari titik fokusnya apalagi dengan panjang focal 135mm, lebih susah lagi dengan objek-objek yang bergerak, sampai-sampai mata ini lengket nempel di viewfinder terlalu lamaa  

Satu hal yang menarik dari lensa manual ini atau lensa manual pada umumnya adalah bokehnya yang swirly. Barangkali ada juga dari pembaca yang suka menggunakan lensa manual?

Mungkin saya bisa pinjam :)

Berikut beberapa bidikan dengan lensa manual Optomax 135mm f/2.8



Happie  (f/2.8)

Corolla DX  (f/4)

batere  (f/4)
( f/2.8 )