27 Jun 2014

Memburu Sunrise di Bukit Sikunir

20.51 Posted by Yuliaslovic , , , ,

Sepertinya sudah lama sekali aku tidak merasakan udara pagi dan indahnya matahari terbit, maklum karena kebiasaanku yang susah bangun pagi , bahkan alarm pun tak pernah mempan, hanya teriakan emak yang yang bisa menggetarkan tempat tidurku .

Hari itu hari sabtu, kali ini ada ajakan untuk mendaki ke bukit sikunir di Dieng atau yang banyak orang menyebutnya dengan gunung sikunir dan puncak sikunir yang terletak di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Kami Berangkat dari jogja pukul 23.00 wib melewati rute jalan Magelang.

Sepengetahuanku rute dari jogja cukup banyak tapi susah semua , rute pertama bisa melewati magelang (yang ini jalannya rusak dan bolong-bolong terkadang kita juga harus mbuntuti truk pengangkut kayu dan ini sangat menyebalkan).
Rute kedua melewati Temanggung (yang ini jalannya lancar tapi ngalangnya minta ampun jauhnya).
Rute ketiga melewati Purworejo (menurutku ini adalah rute paling ideal kalo dari jogja karena lebih lancar, jalan halus dan sepi ,sudah saya buktikan sendiri tapi langkahi dulu pegunungan menorah :p ).

Perjalanan ditempuh kurang lebih selama tiga jam, dan seperti dugaanku dari awal bakalan bejubel oleh para pendaki dari berbagai derahpun menjadi kenyataan karena ini malam minggu . pukul 2.00 dini hari saja sudah rame dengan pengunjung baik dari sekitar wonosobo maupun luar daerah yang dapat dilihat dari plat kendaraan mereka.

Pukul 3.30 saya mulai mendaki karena sudah tak sabar ingin segera motret sunrise untuk di jadikan DP, pendakian hanya ditempuh sekitar 30 menitan, cukup mudah untuk siapapun yang ingin manjat karena hanya 2350 mdpl. tapi ternyata ada juga yang baru dapat seperempat perjalanan sudah muntah dan pusing-pusing, tidak lain dan tidak bukan adalah teman saya sendiri… maklum barangkali tubuhnya kaget karena jarang berolahraga.

Semakin pagi makin ramai saja suasana puncak sikunir, mulai orang bawa gitar, bawa tongsis, bawa bendera sampai penjual popmie dan mijon, rasa-rasanya kok malah seperti di stasiun, ramenya minta ampun, hanya saja dinginnya yang keterlaluan untuk ukuran tubuh saya yang tak berlemak ini.

Dari puncak kita disuguhi pemandangan gunung Sumbing, Sindoro, Merapi , dan Merbabu. Sangat indah dengan semburat sinar matahar perlahan muncul dari balik punggung gunung. rasanya menyesal kenapa selalu bangun siang dan melewatkan pagi yang indah seperti Kamu.... Iya Kamuuuu........