23 Agt 2013

Cantiknya Milky Way Malam Itu

23.20 Posted by Yuliaslovic , ,

Awalnya nggak kepikiran tentang apa yang akan saya lakukan malam ini, malam yang dingin dan angin juga kencang, enaknya sih minum susu terus tidur.
Atau kalo nggak ya main remi atau main game di HP atau ngobrol ngalor-ngidul gak jelas, karena tujuanku cuma mengantar sahabat nginap di pantai Ngandong Gunungkidul dengan harapan semoga esok hari cerah dan acara berjalan lancar, itu saja. sebenarnya sempat akan menginap di pantai Indrayanti namun sepertinya disana sudah terlalu ramai sehingga jatuhlah pilihan di pantai Ngandong saja.

Rupanya begitu sampai pantai sekitar pukul 23.00, mata ini belum mau merem juga. Mendengar deburan ombak yang menggema dari kejauhan seperti ingin memberi tahu sesuatu agar aku segera cepat menghampirinya .

Dan begitu keluar dari pepohonan tempatku parkir kendaraan ... 

Taraaaaaaaa....

betapa takjubnya melihat milyaran bintang dilangit, tiada sedikitpun awan yang menutupi. Sangat indah!. Kelap-kelip! . pokoknya cantik banget kayak yang lagi baca tulisan ini.

Yaa.. inilah yang banyak disebut orang Milky Way atau Bima Sakti , yaitu galaksi spiral yang memiliki 200-400 Miliar bintang dengan diameter 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. 

Semua seperti terasa sangat dekat hanya beberapa meter saja dari atas kepala, ingin sesekali kupetik Halah!!!. Padahal Jarak bumi dengan bintang terdekat (yaitu matahari) 150 Juta km. 

Malam ini hanya aku dan tripod yang setia menemani jalan-jalan meskipun lama-lama dirimu terasa berat juga digendong terus. Temanku sudah tidur duluan, mungkin habis minum susu. 

Sudah lama aku menanti kesempatan ini, akhirnya datang juga setelah beberapa musim tak ada bintang yang nampak.

Semua menjadi hening dan lampu yang tersisa hanya remang-remang, maklum sudah menjelang pukul 00.00. tanpa menunggu lama kamera kesayang langsung kutancapkan ke tripod , setelah itu garuk-garuk kepala.
(Mikir, ....caranya motrek bintang gimana ini). 

Dulu pernah mencoba motret bintang disamping rumah namun gagal total gara-garanya:
=> yang pertama , gak ada bintang (ya iya lah!)
=> yang kedua, banyak lampu dan kendaraan disekitar rumah.
Setelah dipikir-pikir beberapa saat dan akhirnya jepretan pertamapun terjadi juga, hasilnya gelap gulita wkwkwkwk.
dipikir-pikir lagi dan jepretan kedua hasilnya ngeblur semua. Jepretan ketiga agak lumayan, setelah beberapa eksperimen, berhasil juga motrek bintang..  Yeaay!!

Iso 800  17mm F/2.8 30s 
Tempat-tempat yang cocok untuk memotret Milky Way biasanya adalah tempat yang minim cahaya misalnya di gunung, pantai, atau sawah yang jauh dari pemukiman warga. 

Ada sedikit kendala yang dihadapi seperti ketika saya lakukan ini di tepi pantai, yaitu angin yang kencang sehingga kadang menggoyangkan tripod dan debu yang mudah menempel di lensa atau body kamera, jadi hal-hal seperti ini bisa menjadi perhatian.