4 Feb 2013

Berbelanja Durian di Festival Durian Banjaroya

21.36 Posted by Yuliaslovic

Bagiku, durian adalah buah yang istimewa karena tidak setiap hari tersedia, selain wangi , rasanya juga bikin nagih, harganya pun bervariasi tergantung ukuran. Namun tidak demikian untuk sebagian orang yang tidak suka dengan buah yang penuh duri ini. Mencium baunya saja sudah ada-ada saja efek samping yang dialami seperti pusing, mual, mau muntah, kejang-kejang dan lain sebagainya meski masih berada di jarak radius aman dari pusat radiasi.

Setiap musim panen durian tiba, biasanya pada bulan september – februari , ada sebuah event yang cukup mencuri perhatian para pencinta durian di jogja dan sekitarnya yaitu festival durian di Balai Desa Banjaroya, Kalibawang, kulonprogo Yogyakarta. Bisa ditempuh sekitar 45 menit dari kota jogja, melewati jalan godean lalu ke utara melewati jalur alternatif mungkid – magelang.

Untuk tahun ini diselenggarakan pada tanggal 3 bulan februari 2013. Sejak dibuka pada pagi hari sudah mulai ramai dengan para pedagang dan pembeli, semakin siang petani durian terlihat hilir mudik bergantian tiba dengan keranjang penuh durian dan pulang dengan bagor kosong.


Sayapun tak mau ketinggalan untuk memburu durian dari tempat asalnya ini, meski begitu tiba dilokasi, suasana sudah bejubel dengan para wisatawan dan photografer, entah datang kesini untuk jajan atau foto-foto walaupun posisi berdesak-desakan sulit untuk membidik sebuah objek.

Bersama enam orang teman kamipun segera keliling pasar dan memiliah-milah durian yang cocok. Harga cukup bervariasi mulai dari 15rb – 80rb tergantung ukuran dan bentuk. diantara kami tidak ada seorangpun yang pintar memilih durian yang bagus, namun cukup mencari yang berbody mulus, montok, tinggi, bersih, tidak terlalu tua dan tentunya wangi

Dan begitu saatnya mangap mencelupkan durian kemulut, keempat orang teman kamipun hanya terdiam gedek-gedek. rupanya mereka juga termasuk orang yang alergi dengan durian… hadehh.. alhasil hanya melongo menyaksikan orang-orang pasar sibuk mengelus-elus tubuh durian yang siap di jual.

Durian yang diperjual-belikan adalah durian yang berasal dari perbukitan menoreh, oleh karena itu sering disebut dengan durian menoreh. di banjaroya ini ada beberapa durian varietas unggulan nasional diantaranya Durian Menoreh Kuning dan Durian Menoreh Jambon.

Meskipun pada hari itu diriku sudah menghabiskan 2 buah durian untuk berdua sampai mendem, sampai dirumah kepala terasa berat. Ceku-cekutt. dan Sepertinya overdosis  namun buah durian banyak mengandung manfaatn  seperti : dapat mengatasi anemia , mengatasi sembelit, menghambat penuaan dini, lalu baik juga untuk kesehatan gigi karena mengandung fosfor dan masih banyak lagi.

Ada juga bebera orang yang tidak boleh mengkonsumsi durian diantaranya adalah wanita sedang hamil dan orang yang menderita hipertensi.

Selamat mendem duren