25 Apr 2012

Pantai Bekah itu Sesuatu Banget..

22.49 Posted by Yuliaslovic

Tebing bekah ini terletak di dusun Temon, desa Giripurwo, Kecamatan Panggang Gunungkidul Yogyakarta, walaupun lebih popular dengan nama pantai bekah namun menurutku lebih cocok dengan sebutan tebing bekah karena pantai ini tak berpasir, kadang juga orang menyebut pantai ini dengan nama pantai panjung.

Bukan suatu hal yang mudah untuk menemukan pantai ini karena tempat ini berada di pedalaman kecamatan panggang yang belum tersentuh aspal sama sekali apalagi sinyal 3G , tapi untungnya ada sumber petunjuk yang benar-benar valid yang aku lihat dari wikimapia karena jalurnya sudah terindex disitu.

Perjalanan aku mulai dari jogja menuju ke imogiri timur lalu melalui siluk untuk masuk ke kecamatan panggang dengan sedikit clingak-clinguk karena kebingungan hingga akhirnya tembus juga ke jalur lintas selatan gunungkidul. Petunjuk paling mudah enaknya dari SDN Karangnongko I lalu masuk keselatan menuju dusun temon dengan jalan yang sudah disemen dua jalur.

Aku kira jalan semen ini akan mengantarkanku sampai ke laut, Eh.. tak ada 1 km sudah berubah menjadi jalan berbatu, jalur seperti ini terpaksa ditempuh sejauh 6 - 7km dengan kecepatan hanya 10km/jam.   #jinguk!! .

Pengalamanku 4km dengan kontur jalan seperti itu saat ke Pantai Timang rupanya belum apa-apa jika dibandingkan dengan rute pantai bekah ini.

Jalan ini bener-bener mengocok perut sampai ngakak terkencing-kencing, bahkan bikin misuh-misuh disepanjang jalan , kadang juga terdiam karena keletihan sambil mbatin ( kok ra tekan-tekan thoh..) .

Satu hal yang memberikan kesan dari desa ini adalah warga desa disini sangat ramah-ramah ,hampir disepanjang jalan setiap berpapasan selalu ada yang menyapa kehadiran kami ,
Mau kemana mas?", "Ajeng ten pundi mas?" ,"Ajeng mancing mas?" , "Jenengen putrane pak bambang nggeh?" (????????...)”

Ups! :


Sampai akhirnya penampakan air laut sudah didepan mata, rasanya sudah tak sabar ingin njegur sampai tujuan untuk istirahat. Meluruskan pinggang dan jari tangan yang tegang.

Disini kita bisa menyaksikan deretan tebing yang menjulang tinggi ditepi pantai layaknya Cliff of Moher di Irlandia atau tak perlu jauh-jauh ke kurub selatan untuk melihat ikan paus muncul ke permukaan karena paus juga sering nongol disini.

Sudah menjadi hal yang wajar jika disini sering muncul ikan paus, hiu ,lumba-lumba, iwak peyek dan penyu karena merupakan perairan dalam yang mempunyai potensi terdapat ikan-ikan besar yang melintas. Maka dari itu hanya orang-orang pemancing saja yang sering datang kemari apalagi di akhir pekan.

Dari warga setempat juga menyediakan jasa caddy yang cantik dan sexy untuk menemani selama mancing dengan upah Rp.200.000 semalam, tentunya caddy tersebut berbadan kekar karena ikan yang diangkat bobotnya bisa mencapai 40kg.

Bangunan ini sudah mulai dibangun sejak tahun 2006 setelah gempa jogja oleh pak Bambang kata pakde yang sedang cari rumput, dan saat diriku kemari sedang dalam proses perbaikan.

Sungguh pemandangan yang luar biasa , bisa menikmati kencangnya angin laut selatan diatas lincak yang sudah tersedia ini. Untung saja masih ada orang yang peduli dengan potensi alam yang sebelumnya hanyalah batuan karang yang penuh semak belukar dan kini telah disulap menjadi sebuah tempat yang lebih bernilai.

Kapan-kapan mancing Ahhh…













Ikan Paus ( Source image : kurniafahmy.blog.com )