15 Apr 2012

Jembatan Gantung Unik di Kampung Selopamioro

23.16 Posted by Yuliaslovic , ,

Jembatan gantung selopamioro ini terletak di Pedukuhan Wunut, Kedungmiri, Imogiri, Bantul, Yogyakarta ,paling mudah bisa ditempuh dari jalan imogiri timur kearah selatan sampai pada persimpangan di dekat SMP N 2 imogiri lalu belok ketimur pokoknya lurus saja sampai nemu jembatan ini. Jalan yang dilewati terkadang beraspal dan kadang tanah berlubang, kadang lagi jalan sempit karena dipenuhi dengan jemuran gabah

aku sebut unik karena memang bentuknya dan fungsinya yang menurut saya serba nanggung, kalo dari bentuknya terbuat dari besi pada gerbang penyangganya ,lalu tali tambang dan kayu untuk landasannya sehingga ketika ada beban yang melintas akan terasa goyang-goyang, sedangkan fungsinya untuk penyeberangan segala sesuatu yang penting muat seperti pejalan kaki, hewan ternak, andong dan kendaraan roda dua lainnya.

Yang saya pikir nanggung itu jembatan ini cocoknya untuk pejalan kaki saja tapi untuk motorpun juga muat, sedangkan klo untuk kendaraan bermotor ,lebarnya terlalu sempit jadi harus saling bergantian.

bagaimanapun itu, jembatan ini sudah sangat membantu aktifitas perekonomian warga setempat. aku membayangkan apa jadinya jika jembatan ini tidak ada maka pedesaan disini akan seperti daerah terisolir karena jembatan ini melintas diatas kali oyo yang menghubungkan desa Selopamioro dan desa Sriharjo Imogiri Bantul.

Kebetulan diriku kesini juga dengan bersepeda di pagi hari yang sudah ramai dengan hiruk pikuk petani dengan garapan sawahnya, karena sebagian besar warga disini beraktifitas sebagai programmer petani dan peternak. warga disini juga ramah-ramah ,terkadang juga sering menyapa kedatangan kami yang sedang bersepeda.

Kalau musim kemarau kali oyo ini akan terlihat berwarna hijau toska yang menjadikan tempat ini menjadi tambah unik. Mungkin karena yang unik inilah banyak orang penasaran dengan jembatan ini . bahkan jembatan ini pernah untuk syuting sinetron (katanya sih..), kadang kalo minggu sering dipakai untuk foto prewedding, mancing, dan loncat indah.



Jalur sepeda di jogja yang menantang
Sebenarnya jalur ini adalah jalur yang sering digunakan oleh para pengguna motor trail karena medannya yang nanjak , sempit dan tidak karuan. Namun tak ada salahnya bagi para pesepeda yang menyukai tantangan atau jalur yang ekstrim untuk mencobanya.

Dan dirikupun tertantang untuk mencicipinya, bermula dari jembatan gantung tersebut kearah timur mengikuti ruas jalan yang sudah disemen sambil menikmati pemandangan alam disekitar kali oyo.

Kata warga sekitar (simbah-simbah yang ngomong) bila kita mengikuti jalur ini terus maka akan sampai ke mangunan atau kebun buah mangunan, namun sebelumnya harus melewati alas (hutan) terlebih dahulu.

Sampailah diriku diujung ruas jalan yang disemen tadi dan petualanganpun dimulai karena medan yang dilalui berupa tanah yang berbatu plus nanjak pula. diseberang sungai sempat melewati sebuah air terjun dipinggiran sungai oyo namun debit airnya cukup kecil sehingga suara gemerciknya kurang terasa.

Karena jalurnya yang bener-bener ekstrim maka sepedapun lebih sering dituntun daripada ditunggangi . dan rupanya tanjakan lebih mendominaasi daripada turunan hadehh! .

Begitu memasuki hutan perasaanku jadi galau ,karena suasananya yang memang sunyi dan sepi tapi untungnya banyak kicauan burung yang mencairkan suasana di jalan yang tak karuan ini. tak ada orang lain lagi disini kecuali hanya kami bertiga.

Perjalananpun semakin jauh menerobos lebatnya hutan yang sepertinya belum terlihat juga tanda-tanda untuk sampai ke tempat tujuan . dengan nafas ngos-ngosan akhirnya diriku berhenti untuk istirahat sambil debat, apakah akan maju atau mundur ?!

Karena kami hanya bertiga dan dua diantaranya memilih untuk mundur maka akupun ikut mundur hahaha...
Jadi sampai detik ini akupun masih penasaran tentang jalur tersebut akan berujung sampai mana, barangkali ada pembaca yang terusik untuk mencobanya ?

Mungkin kita bisa coba sama-sama, yang pasti jangan hanya bertiga