10 Des 2010

Kalisuci , Wisata Minat Khusus Karst

00.14 Posted by Yuliaslovic
kalisuci wisata minat khusus karst

Awalnya sih cuma ngantar teman mancari tempat ujian Cpns di daerah semanu gunungkidul tapi karena dari jogja jauhnya minta ampyun maka niat untuk mampir-mampirpun disepakati bersama . dan lokasi mampir pertama adalah kalisuci , kalisuci adalah sebuah sungai diantara bebatuan karst yang mengalir kedalam perut bumi.

dan memang goa-goa seperti ini banyak sekali ditemui di daerah gunungkidul seperti goa bribin, goa jomblang/grubug dan masih banyak lagi. 
jika dilihat dari keadaan geografisnya , kalisuci juga mirip seperti air terjun sri gethuk yang mengalir ke sungai oyo karena disekitar sungai oyo juga dikelilingi bukit-bukit karst yang menjulang tinggi.


Kalisuci terletak di desa pacarejo kecamatan semanu gunungkidul , untuk menuju ke lokasi ini cukup mudah apalagi dengan banyaknya plakat yang dipasang dipinggir jalan yang menandakan obyek wisata ini sudah dekat, namun karena saking banyaknya hingga tiap jalan kecil/ gang diberi papan nama ini membuat saya nyasar kemana-mana hingga akhirnya malah nemu sebuah telaga yang cukup indah dan rindang masih dikawasan semanu, telaga ini bernama telaga jonge.

bagi para pecinta kegiatan menyusuri goa  (caving) dan arung jeram (rafting) kalisuci juga menawarkan wisata ini yang biasanya beroperasi pada hari minggu saja . disini juga menyediakan persewaan ban karet untuk kegiatan susur goa namun harus ditemani warga sekitar yang sudah tau seluk beluk keadaan goa agar pengunjung tidak nyasar kemana-mana...

Wisata seperti ini masih jarang ditemui di indonesia maka masih perlu dikembangkan untuk mengangkat potensi wisata yang masih tersembunyi, selain itu juga untuk mendidik masyarakat agar lebih mencintai lingkungannya karena karst yang berada di gunungkidul ini merupakan karst kelompok kelas 1 yang artinya perlu dijaga kelestariannya untuk menghindari penambangan yang berlebihan.
sebagaimana dijelaskan Karst adalah sebuah bentukan di permukaan bumi yang pada umunya dicirikan dengan adanya depresi tertutup (closed depression) drainase permukaan , dan goa. daerah ini terbentuk terutama oleh pelarutan batuan ,kebanyakan batu gamping.

telaga jonge

telaga jonge

Sejak dulu saya beranggapan bahwa daerah gunungkidul itu kering dan tandus (khususnya bagian selatan) tapi setelah melihat adanya telaga ini membuat anggapan itu sirna karena justru daerah ini sejuk ,rindang dan subur , terbukti dengan adanya sebuah telaga yang tidak sengaja saya temukan dari sebuah ketersesatan.

Telaga ini terletak di dusun jonge desa pacarejo kecamatan semanu gunungkidul, konon katanya nama jonge diambil dari nama seorang kyai yang bernama jonge yang pada waktu itu melarikan diri dari kejaran para prajurit demak hingga akhirnya sampai di daerah pacarejo.