13 Des 2010

Goa Jomblang

22.39 Posted by Yuliaslovic
goa jomblang

Bila dari obyek wisata minat khusus karst kalisuci bingung mau kemana lagi, maka tanyalah pada warga sekitar maka anda akan di arahkan ke sebuah tempat yang bernama jomblang.
jomblang? apa itu??? semaikin panjanglah tanda tanya kita??????

Jomblang adalah sebuah goa yang mungkin kurang familiar terdengar ditelinga kita yang bukan pehoby caving.
goa jomblang adalah goa yang terletak di Desa Jetis, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul yang mempunyai karakter vertikal dan horisontal atau orang jawa sering menyebutnya luweng (goa vertical)

untuk menuju kelokasi memang bukan hal yang mudah karena sepanjang perjalanan merupakan jalan berbatu diantara kebun yang sebagian besar ditanami kacang dan lokasinyapun jauh dari perkampungan warga.

goa ini mempunyai kedalaman sekitar 70 meter dan diameter pada mulut goa sekitar 50 meter. dibagian bawah goa ini banyak ditumbuhi pepohonan besar dan sebagian merupakan pohon-pohon langka .

konon katanya pada jaman dahulu tepatnya sekitar tahun 70-an di goa jomblang ini merupakan tempat pembantaian anggota PKI yang mayatnya dijatuhkan kedasar goa, namun setelah banyak para pecinta alam yang ingin melihat kedalam goa ,maka ditempat ini sudah dibersihkan dan dilakukan doa bersama oleh masyarakat agar diberi keselamatan.

sebagai manusia tentu saja saya juga mempunyai rasa penasaran untuk melihat keunikan yang ada didalam goa namun nyali ini belum cukup besar untuk bisa turun kebawah , karena untuk bisa turun kedasar goa masih dibutuhkan pengalaman /teknik khusus atau yang sering disebut SRT (Single Rope Technik) teknik menelusuri goa vertikal.

sungai yang mengalir dari kalisuci juga masuk melewati sungai bawah tanah didalam goa jomblang dan langsung bermuara ke pantai selatan, ujar seorang warga dikalisuci.

goa jomblang

goa jomblang