7 Okt 2012

Pantai Kesirat, Surganya Para Pemancing di Gunungkidul

00.48 Posted by Yuliaslovic , ,

Sudah sekian lama aku mencari-cari tentang Pantai kesirat ini hingga sempat nyasar-nyasar kesebuah tempat yang jauh dari peradaban manusia yang kusebut itu Tebing Ngungggah. Rupanya aku masih terlalu dini untuk masuk ke sebuah gang untuk mencapai pantai di ujung paling selatan pulau jawa ini. 

Dan baru tujuh hari yang lalu dari tanggal postingan ini di upload aku berhasil menginjakkan kaki di pantai kesirat ,memang sungguh luar biasa pemandangan yang disuguhkan dari ujung tebing yang menjorok kelaut ini (sambil koprol bilang “WOW”) . apalagi saat detik-detik menjelang sunset, bakalan koprolan terus sampai malem. 

Pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang Gunungkidul. Bukan hal yang mudah untuk sampai kesini, karena banyak sekali belokan-belokan yang bikin hilang ingatan, dan bahkan masih ada beberapa ruas jalan yang rusak, belum lagi masih nggendong tripod yang beratnya minta ampun! . untungnya dengan berbekal segudang aplikasi navigasi yang ada di android cukup juga membantu buta arah diperjalanan dan mabok kendaraan .


Jalanan Untuk menuju ke pantai kesirat sudah di cor semen dua jalur sehingga tak ada lagi alasan tangan pegel, bokong panas, jari keram, anyang-anyangen bahkan sampai misuh-misuh disepanjang jalan colek pantai bekah.

Sama halnya dengan pantai bekah , pantai kesirat ini juga pantai yang tak berpasir, yang ada hanyalah deretan tebing yang berjejer di sepanjang pantai. Karena ciri khas pesisir gunung kidul bagian barat memang bertebing dan hanya sedikit pantai yang berpasir.

Pertama kali nemu pantai ini dari iseng-iseng browsing di situs Panoramio, yaitu sebuah situs berbagi foto milik google yang berorientasikan geolokasi. Jadi mirip seperti google map namun diatas sudah terdapat foto-foto sesuai lokasinya (meskipun ada juga foto yang tidak akurat dengan lokasinya) kita juga bisa mengunggah foto ke panoramio sesuai lokasi yang diinginkan.

Anda seorang penggila Mancing ?? saya juga suka mancing (tapi dulu, saat masih menyandang sebagai pengangguran sejahtera).
Pantai ini sangat recomended bagi pehoby mancing karena banyak sekali spot-spot mancing yang jitu bahkan sampai orang rela nginap 1x24 jam tanpa lapor pak RT

Perairan yang dalam dan ombak yang kecil membuat ikan-ikan besar sering melintas di sini, oleh karena itu tempat ini tak pernah sepi dari para pemancing yang datang dan pergi tak di undang dengan joran pancingnya yang selalu di gendong. 

Dipantai kesirat ini ada satu pohon yang menjadi jimat alias icon pantai ini yang selalu menjadi objek foto oleh siapapun yang pernah singgah kemari, sama halnya Pantai Pok Tunggal dengan pohon tunggalnya, namun ini mirip seperti pohon jati yang meranggas saat musim kemarau dan mulai bersemi saat musim hujan.