26 Jul 2012

Embung Tambakboyo , Tempat Rekreasi di Tengah Kota

22.52 Posted by Yuliaslovic , , ,
embung tambakboyo

Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk yang terletak di dusun tambakboyo kecamatan depok kabupaten sleman, oleh karena itu namanya tambakboyo, bukan berarti tambak yang ada buayanya . letaknya berada di tengah perumahan sehingga tak banyak orang yang tahu keberadaan tempat ini apalagi yang rumahnya ada di jogja bagian selatan (seperti rumahku)

Sebuah tempat yang asyik untuk pacaran rekreasi dan olahraga yang mana idealnya sebuah kota memang harus mempunya sebuah lahan terbuka yang bisa diakses oleh siapapun untuk saling berinteraksi dengan yang lain.
 Fungsi utama dari waduk ini adalah sebagai cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta, sebagai sarana pengairan, dan cadangan air untuk PDAM dimasa mendatang.

Kebetulan minggu pagi yang sedikit cerah aku bersepeda kemari untuk sekedar olahraga dan cuci mata
banyak hal yang bisa kita lakukan ditempat yang memiliki luas 7.8 hektar ini ,seperti mancing, jogging, bersepeda, nongkrong, kopi darat, renang ,momong bocah dll, dan masuknyapun cuma Rp.2000,- cukup terjangkau juga.

Setelah capek muter-muter waduk entah habis berapa lap, akhirnya diriku berpindah ke tempat lain yang masih ada unsur airnya yaitu nongkrong dijembatan babarsari. hanya saja ada sedikit catatan tentang embung tambakboyo ini seperti masih banyaknya sampah dipinggiran waduk yang bikin bau tidak sedap dan merusak pemandangan, semoga saja cepat ditangani.

Sesampainya di jembatan babarsari tujuanku hanya ingin njepret gunung merapi, karena posisi jembatannya yang lebih tinggi dari bangunan disekitarnya ,namun apa dikata awan mendung masih betah menutupinya. alhasil GAGAL total niat untuk itu.

dijembatan babarsari ini sering digunakan untuk latihan SRT (Single Rope Technique), panjat tebing, rapelling, dll oleh mahasiswa pencinta alam, karena disini ada dua jembatan yang memiliki ketinggian 12meter dan 15 meter.

Dibawahnya mengalir sebuah sungai dan ada pemancingan disebelahnya , lalu kulihat ada beberapa anak yang asyik mandi di sungai sambil main air. aku pikir cocok juga njepret aktifitas bocah yang lagi mandi di kali sebagai pengganti merapi.

setelah aku dekati sambil aku jepret diam-diam, rupanya bocah-bocah itu malah dengan antusias minta di foto. kebetulan sekali aku suka moto anak-anak karena ekspresinya yang jujur serta tawanya yang tanpa beban..