24 Jan 2012

Pantai Sadranan Jamanku dulu dan Kini

22.37 Posted by Yuliaslovic

sudah lama aku tak kepantai sadranan ini lagi setelah beberapa tahun lalu , kurang lebih 3,5 tahun’an, waktu itu diriku habis camping di pantai sundak yang berakhir dengan pengungsian gara-gara hujan menerjang , trus pagi-paginya mampir sini deh.. sambil jogging bersama anjing.

kini pantai sadranan sudah rame dengan wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tentunya tak lepas dari berkembangnya pantai sundak, yang menjadi tempat parkir bus-bus pariwisata.

Pantai sundak sendiri sekarang sudah mempunyai halaman parkir yang luas serta halaman yang rindang untuk peristirahatan para wisatawan, namun dari sisi negatifnya pantai sundak kini menjadi agak kotor karena banyak sampah yang tersangkut di atas karang-karang seperti bungkus makanan, botol minuman, sedotan, sandal jepit, bahkan pembalut.

Biasanya orang klo sudah bosan di sundak maka akan pindah ke pantai disebelahnya yaitu pantai ngandong, bisa melewati gardu pandang ataupun parkiran pantai sundak.

Dari ketiga pantai itu hanya pantai ngandonglah yang terlihat aktifitas para nelayan dengan perahu-perahunya yang disandarkan ditepi pantai, karena dipantai ngandong ini tak ada karang-karang yang menghalangi keluar masuknya perahu nelayan .

Selain itu pantai ini juga mempunyai spot yang cocok untuk mancing diatas tebing karang atau yang bahasa kerennya rock fishing sambil browsing diatas karang (ngimpi kali yee ).

Sayangnya sampai kini listrik masih belum juga masuk, sehingga masyarakat menggunakan genset sebagai energi listrik di malam hari.




Sambil berjalan, sesekali menceburkan kaki ke ombak yang menyapu pasir putih, terlihat sebuah pulau didepan mata dan sampailah dipantai sadranan. Teringat saat dulu pertama kali ditempat ini di pagi hari terasa sangat asri ,sepi, dan ngeri. Tapi kini keadaanya sudah lain, di setiap sudut tempat sudah banyak orang bergerombol maupun berduaan bahkan ada yang sembunyi-sembunyi entah pada ngapain

Pantai sadranan terletak di Desa Sidoarjo, Kecamatan Tepus kabupaten gunungkidul. Nama sadranan sendiri berasal dari kata nyadran yaitu sebuah ritual yg sering diadakan dipantai ini. Biasanya dilakukan pada saat pasaran pahing tiap tahunnya.

Dipantai ini memang sering dipakai untuk acara prewedding, acara tutup tahun, arisan, bahkan pernah diliput oleh TV 7 (sebelum Trans 7) pada acara jejak petualang, saaat itu kebetulan aku pas nonton..

Di pantai sadranan ini terdapat resort watulawang yang berada dibagian atas bukit, meskipun ada juga pantai yang bernama watulawang yang letaknya disebelah timur pantai indrayanti dan pantai trenggale. tentunya bisa melihat pemandangan yg begitu indah bila bisa nginep gratis diatas sana .

Disebelah barat pantai sadranan ini terdapat pantai yg sangat kecil yaitu pantai slili, sedangkan di sebelah baratnya lagi adalah pantai krakal dengan garis pantainya yang panjang.

Tak terasa juga jalan-jalan sambil ngobrol ngalor-ngidul ternyata sudah di pantai krakal, padahal parkirnya di sundak .... hadehhh , mau gak mau ya harus mau kembali dengan mendaki gunung melewati lembah lagi kayak lagunya ninja hatorri.