13 Sep 2011

Pantai Jungwok dan Gagal Mancing Ikan

22.13 Posted by Yuliaslovic
pantai jungwok

Untuk menghabiskan masa liburanku yang (saya rasa) cukup pendek ini , kupilih kesebuah pantai yang jauh dari peradaban manusia dengan judul mancing ikan di tebing karang atau bahasa kerennya Rockfishing walaupun pada akhirnya cuma ditepian pantai saja

karena memang dimasa libur lebaran seperti saat ini tentunya tempat-tempat wisata dimanapun berada pasti penuh sesak dengan yang namanya manusia.

Pilihanku jatuh pada pantai jungwok yang berada disebelah timur pantai wediombo, dari jogja sampai ke pantai wediombo cuma butuh waktu 2jam 10 menit bensin 12rb tiket masuk 2600, lumayan ngiritlah apalagi disaat seperti ini gunungkidul sedang dilanda krisi air ( ra nyambung).

dan ternyata pantai wediombopun juga tak luput dari serbuan wisatawan, sampai-sampai nyari tempat parkirpun susah karena penuh dengan kendaraan roda empat. dan tak perlu berlama-lama aku langsung menuju pantai jungwok yg kurang lebih berjarak 1km . ditempuh dengan berjalan kaki dengan mendan naik gunung dibawah terik matahari, pokok'e Serulah (Seru!! dengkolmu mlocot! ). 1km bukanlah jarak yang pendek bila ditempuh dengan jalan kaki, baru 15 menitpun nafas sudah ngos-ngos'an, keringat sampai segede biji jagung, meski biasanya futsal 2jam'pun aku masih kuat (klo gratis)
pantai jungwok

dan ternyata pantai jungwok ini merupakan salah satu lokasi syuting iklan kuku bima energi yang dibintangi
oleh artis yuliaslovic, Denada dan Ade ray, kata warga sekitar yang sedang mencari kayu bakar.

Pantai jungwok memang pantai yang masih sepi , dan semoga tetap sepi biar keasrian dan kebersihan tetap terjaga . kebetulaan sesampainya disana , air laut sudah terlihat surut jadi sangat cocok mancing di kubangan tepian pantai.

banyak ikan-ikan yang terjebak dalam kubangan tersebut dan hal ini dimanfaatkan oleh warga sekitar dan anak-anak untuk mancing ikan termasuk diriku.
pantai jungwok

Sebenarnya sayang sekali bila ikan-ikan ini dipancing hanyak untuk dikonsumsi, karena sebagian besar adalah ikan hias yang cocoknya dipelihara dalam aquarium, termasuk disini terdapat Lion Fish yang terlihat cantik namun berbahaya, jarang sekali aku nemu ikan ini klo gak ditempat pelosok seperti jungwok ini.

Setelah menunggu selama 20 menit hingga setengah jam umpanku tetap tak disenggol satu ikanpun,  malu juga sama anak kecil yang dengan mudahnya dapat ikan. setelah kuselidiki dari anak-anak tsb ternyata mereka mancing menggunakan "lor" (dibaca seperti kata 'solo')
lor adalah cacing pantai yang bisa ditemukan didalam pasir pantai dengan cara menggalinya, sedangkan saya masih menggunakan umpan cacing tanah dasar goblok.

yasudahlah mau bagaimanapun tetap percumah klo kulanjutkan, lebih baik 2 minggu kedepan kesini lagi degan resep yang lebih mak nyuss..

Pantai jungwok ini memang tempat yang cocok untuk mancing di tebing karang karena daerahnya yang bertebing apalagi dibagian sebelah timur. sebenarnya masih banyak pantai-pantai kecil lainya di deretan pantai jungwok ini yg masih alami dan patut dijelajahi, hanya saja waktu yang mengharuskanku beranjak dari tempat ini, karean dikhawatirkan keburu gelap ,dengan naik-turun ladang dan perbukitan  lagi tentunya

sampai di pantai wediombo sudah ditunggu matahari terbenam yang benar-benar sempurna , tanpa ada sedikitpun awan yg menghalangi, tak sia-sia juga sudah jauh-jauh kesini

pantai jungwok

pantai jungwok

pantai jungwok

sunset pantai wediombo