24 Apr 2011

26 Add-Ons Mozilla untuk Web Desainer

00.05 Posted by Yuliaslovic

Keberadaan add-ons mozilla memang sangat membantu bagi para internet mania seperti anda dan saya, baik dari kalangan pemula sampai profesional. 

Mulai dari kategori Download management ,blogging, shooping ,music, photo , web development, games dan masih banyak lagi.

Dan untuk para web desainer tentunya juga mempunyai senjata sendiri-sendiri untuk mengutak-atik script dalam suatu kebutuhan tertentu. Ada 26 add-ons mozilla yang bisa kita gunakan dan dari sekian banyak itu ada beberapa yg sudah saya coba dan memang sangat membantu. 

  1. Firebug
  2. Add-ons yg berlogo seperti kecoak ini sudah menjadi andalan saya dalam mengutak atik elemen css baik pada template web atau blog. Disini kita juga dapat mengedit, debug, memonitor Css ,HTML, javascript dari setiap elemen yang kita pilih.Dari script yang kita edit ini dapat pula secara langsung dilihat perubahannya pada browser, hal inilah yang menarik dari firebug ini.
     
  3. Colorzilla
  4. Add-ons satu ini juga menjadi andalan saya dalam mencari code warna pada halaman web, karena dalam add-ons ini biasanya terdapat tools berbentuk seperti tanad plus “+’ yang digunakan untuk mencari code warna ataupun elemen Css. Colorzilla juga dilengkapi dengan penampil pallet online yang memungkinkan untuk memilih warna dan kodenya seperti yang ada dalam photoshop.
     
  5. Web developer
  6. Untuk add-ons yang satu ini saya pernah menginstalnya namun belum sempat mencobanya, kurang lebih sama seperti dengan firebug, hanya saja banyak menu-menu yg mungkin bikin penuh toolbar anda seperti screenshot diatas.
     
  7.  Codetech
  8. Codetech memungkinkan Anda untuk mengedit dokumen Anda tepat di samping halaman web Anda berselancar diinternet. Tool editing halaman web ini memiliki nuansa dreamweaver dalam ekstensi firefox.
     
  9. Greasemonkey
  10. Grease Monkey adalah plugin Firefox yang memungkinkan Anda untuk menjalankan java script Anda sendiri pada setiap halaman yang Anda lihat. Sekarang mengapa anda ingin melakukannya? Yah, pada dasarnya memungkinkan Anda untuk memperbaiki atau meningkatkan setiap halaman web di luar sana untuk memenuhi kebutuhan anda.
     
  11. Fireshot
  12.  
  13. MeasureIt
  14.  
  15. CSS Validator / HTML Validator
  16.  
  17. GridFox
  18.  
  19. ScreenGrab !
  20. Screengrab ini digunakan untuk mengambil gambar /screenshot halaman web secara penuh atau sebagian tergantung dari kebutuhan kita. Biasanya akan disimpan dalam bentuk format PNG.
     
  21. OperaView
  22.  
  23. W3C Offline page validator
  24.  
  25. Browser Window Resizer
  26.  
  27. IE Tab
  28.  
  29. Style Sheet Chooser II
  30.  
  31. CSSViewer
  32.  
  33. Palette Grabber
  34.  
  35. FileFTP
  36.  
  37. Console
  38.  
  39. CS Lite
  40.  
  41. JsView
  42.  
  43. FirePHP
  44.  
  45. FontFinder
  46.  
  47. IE NetRenderer
  48.  
  49. ImageZoom
  50.  
  51. Javascript Debugger
  52.