9 Jan 2011

Dropbox , Cara Praktis Tempat Penyimpanan Data dan Sharing Data di Internet

22.48 Posted by Yuliaslovic
pernahkah anda mengalami kebingungan untuk menyimpan suatu data ketika alat penyimpanan data anda seperti flasdisk ketinggalan dirumah atau lagi sialnya flasdisk malah hilang??

walopun sekarang harga flasdisk lebih murah dari harga cabai namun ketika alat penyimpanan data ini tidak ada sewaktu dibutuhkan memang terasa sangat menyebalkan apalagi anda lagi diwarnet atau kantor yang pada saat itu juga harus mengumpulkan tugas dan laporan.

tapi sekarang untungnya ada sebuah software yang mampu mengatasi permasalahan diatas sebagai tempat penyimpanan data dan sharing data.
sebut saja dropbox yang dapat didownload gratis disini. untuk menggunakan dropbox ini syarat mutlaknya harus terkoneksi dengan internet dan wajib itu hukumnya. anggap saja ini adalah sebuah flashdisk online .

cara penggunaannya juga cukup simple tinggal copy dan paste.

untuk menggunakannya, download dulu lalu install software tsb (misalnya diinstal di laptop anda) setelah itu isi kolom registrasi .kapasitas penyimpanan data yang disediakan lumayan besar yaitu 2Gb. bisa juga kita mendapat bonus space sebesar 250Mb dengan menggunakan refferal link.

setelah instalasi selesai maka akan muncul folder baru bernama dropbox didalam My Document anda .coba dicek sapa tau saya bohong . (lebih baik diinstal dikomputer pribadi atau komputer kantor).

lalu untuk menggunakannya bila disaat genting didalam warnet butuh media penyimpanan maka cukup login dropbox dalam browser anda dan upload file / data yang akan disimpan. bila proses upload telah selesai maka otomatis data/file yang tadi diupload dari warnet otomatis juga akan masuh ke dalam folder dropbox dalam My Document laptop anda . sekali lagi saya jelaskan harus ada koneksi internet.

ini adalah tampilan halaman webnya.

hal yang paling menarik dari dropbox ini adalah untuk sharing file dengan banyak orang. sebagai contoh dalam suatu perkantoran atau sekolahan.
caranya pilih menu sharing lalu dibawahnya pilih sub menu share a folder.


pada kolom yang tersedia , beri nama untuk sharing folder .


ketik alamat email tujuan dengan catatan email tujuan juga sudah menginstal dropbox dalam laptopnya (alamat email tujuan bisa lebih dari satu). silahkan cek didalam folder dropbox pada My Document anda maka akan muncul sebuah folder yang baru saja anda buat, bila belum muncul ditunggu saja .

untuk melakukan sharing file cukup dengan copy dan paste file tersebut dalam folder yang dibuat tadi lalu tunggu hingga proses sinkronisasi selesai. bila telah selesai otomatis file tsb juga akan muncul pada dropbox teman anda.

ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

Lingkaran merah dengan tanda X ini artinya Dropbox tidak mampu melakukan sinkronisasi, biasanya disebabkan karena kuota telah penuh atau tidak ada koneksi internet.
Lingkaran biru dan panah ini artinya saat ini sinkronisasi file baru dalam proses upload/download .
Lingkaran hijau ini artinya sinkronisasi file sepenuhnya telah selesai .