27 Jun 2011

Pantai Pengilon, Gunung Kidul

23.43 Posted by Yuliaslovic
pantai pengilon gunungkidul

Pantai Pengilon hanyalah salah satu dari sekian banyak pantai-pantai kecil di gunungkidul yang belum terekspos ke dunia luar, karena memang nggak ada jalan khusunya  .hanya orang yang kurang kerjaan seperti saya ini yang rela menebos lebatnya pohon ketela dan sepinya perbukitan kapur, tapi justru itu ku suka

Pantai ini berada di sebalah timur pantai Drini sekitar 500 meter kalo nggak salah. untuk menuju kepantai drini ada 2 jalur yaitu ,jalur yang sebelah barat dan jalur yang sebelah timur (jalur yang sebelah timur ini tidak direkomendasikan utk dilewati karena banyak aspal yang terkelupas) namun saya sendiri lewat dijalur yang sebelah timur dan motor saya parkir disebuah pabrik pembuat bahan baku asbes , entah namanya apa aku lupa .

berjalan melewati kandang sapi dan pohon ketela sudah menjadi pemandangan biasa disini,  hingga tak terasa sampailah disebuah pantai kecil yang sepi tak berpenghuni.

Pantai Pengilon berasal dari kata Pengilon yang artinya cermin / atau kaca untuk bercermin. entah dari mana asal-usulnya nama ini. mungkin (menurut hemat saya) disebelah timur pantai ini terdapat sebuah tebing menjulang tinggi menghadap ke arah barat dan bila menjelang sore cahaya matahari akan dipantulkan dari dinding tebing tersebut hingga menghasilkan sebuah cahaya yang terang seperti sebuah cermin

disebelah barat pantai pengilon ini ada sebuah pantai kecil yaitu pantai Ngrumput, (satu lagi pantai yang namanya aneh ) . namun sebuah pantai yang indah dengan karang-karang dan ikan-ikan kecilnya bila air laut dalam keadaan surut .

pantai pengilon gunungkidul

pantai pengilon gunungkidul

pantai pengilon gunungkidul

pantai pengilon gunungkidul

pantai pengilon gunungkidul